Selasa, 24 Oktober 2017

Klik Disini

Edit Posted by with No comments



Peran Guru dalam Pembelajaran

1.    Peran Guru dalam Layanan Intruksional
Peran guru dalam pembelajaran (Intruksional) menuntut guru dalam melakukan pelayanan pembelajaran dan untuk menguasai materi pembelajaran bidang studi yang diajarkan serta wawasan yang berhubungan dengan materi itu. Layanan intruksional terbagi menjadi 4 yaitu :
1)    Peran Guru dalam Pengembangan
Kurikulum yang dibuat oleh pemerintah merupakan rancangan pembelajaran yang harus dikembangkan atas dasar tujuan-tujuan intruksional yang berorientasi kepada perkembangan siswa. Perkembangan adalah tujuan pembelajaran. Pengembangan disini guru harus bisa mengembangkan kegiatan pembelajaran dan materi pembelajaran.
2)    Peran Guru dalam Manajemen Kelas
Manajemen kelas merupakan prasyarat bagi berlangsungnya pembelajaran yang efektif. Lingkungan belajar yang dikembangkan dan dipelihara dengan memperhatikan faktor keragaman dan perkembangan peserta disik.
3)    Peran Guru dalam Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi adalah proses memperoleh informasi untuk membentuk judgment dalam pengambilan keputusan.
4)    Peran Guru dalam Perkembangan Peserta Didik
Selagi pembelajaran merupakan proses pengembangan pribadi siswa maka perkembangan siswa harus menjadi dasar bagi pembelajaran. Aspek-aspek perkembangan siswa yang mencakup perkembangan fisik dan motorik, kognitif, pribadi, dan sosial mempunyai implikasi penting bagi proses pendidikan.
2.    Peran Guru dalam Layanan Administrasi
Peran guru dalam administrasi yaitu proses keseluruhan semua kegiatan tulis menulis yang dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran untuk peserta didik secara terencana dan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Layanan adminstrasi yang dilakukan oleh seorang guru yaitu :
1)    Guru mengisi daftar hadir peserta didik
2)    Guru mengisi daftar nilai  peserta didik
Peran guru dalam layanan adminstrasi ini adalah sebagai tempat utuk melayani peserta didik dalam proses pembelajaran, untuk membantu peserta didik dalam membantu kegiatan administrasi siswa.
3.    Peran Guru dalam Layanan Bimbingan dalam Proses Pembelajaran
Peran guru dalam bimbingan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu usaha guru untuk memimpin peserta didik dalam arti khusus bisa memberikan dorongan atau motivasi dan menguasai kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik. Layanan Bimbingan ini meliputi:
1)    Mengamati tingkah laku peserta didik dalam situasi sehari-hari
2)    Mengenal para siswa yang memerlukan bantuan khusus
3)    Membuat catatan pribadi untuk peserta didik
4)    Menyelenggarakan bimbingan kelompok atau individu
5)    Mempelajari minat dan kebutuhan peserta didik

0 komentar:

Posting Komentar