PLSBT (Pendidikan Lingkungan Sosial
Budaya dan Tekhnologi)
RUANG LINGKUP DAN TUJUAN ILMU PENGETAHUAN
-
Menurut Abu Ahmadi (1991:1)
Ilmu pengetahuan dapat dibagi dalam 3
lapangan pengetahuan yakni pengetahuan alamiah, sosial dan budaya yang
masing-masing terbagi dalam sejumlah bidang keahlian atau disiplin ilmu.
-
IAD, ISD, dan IBD adalah satuan pengetahuan
yang didasarkan atas pembagian yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan IAD,
ISD, dan IBD bukanlah satu cabang atau disiplin tertentu.
2. Ilmu alamiah dasar
Memusatkan perhatiannya kepada konsep
umum, asas-asas dan pendekatkan dalam menanggapi kenyataan-kenyataan yang
diwujudkan oleh lingkungan alam dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam
ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, kimia, fisika, dan geologi.
-
Ruang lingkup dari IAD
a. Konsep-konsep dasar tentang ilmu
pengetahuan alam
b. IPA dan perkembangan tekhnologi
c. Dampak perkembangan IPA dan Tekhnologi
-
Tujuan IAD
a. Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam
IPA
b. Memberikan wawasan pengetahuan,
pengertian, dan apresiasi terhadap obyek dan cara-cara pendekatan dalam IPA dan
Tekhnologi
3. Ilmu sosial dasar
Memusatkan perhatian pada kenyataan
sosial terutama yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengetahuan
pada ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial,
ilmu politik, psikologi sosial dan sejarah.
-
Ruang lingkup ISD
a. Adanya berbagai aspek pada kenyataan
bersama yang merupakan suatu maalah sosial.
b. Adanya beraneka ragam golongan daan
kesatuan sosial dalam masyarakat yang mempunyai kepeningan dan kebutuhan serta
pola-pola pemikiran dan tingkah laku tersendiri dan yang menyebabkan
pertentangan maupun setia kawan dan kerjasama.
-
Tujuan ISD
Membantu perkembangan wawasan pemikiran
dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran dan kepribadian
yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian sebagai golongan terpelajar
indonesia, khususnya yang berkenan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam
meghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia lainnya
terhadap dirinya.
4. Ilmu budaya dasar
Memusatkan perhatian pada usaha
memperoleh pengertian menganai hakikat dan harkat manusia serta nilai-nilai
budaya yang telah dikembangkannya.
-
Ruang lingkup IBD
Berbagai aspek kehidupan yang merupakan
ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat di dekati dengan pengetahuan
budaya baik dari segi keahlian (disiplin) masing-masing maupun antar bidang
disiplin.
-
Tujuan IBD
Untuk pembentukan dan pengembangan
kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran
mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan khusunya
gejala-gejala yang berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan agar daya
tanggap, persepsi dan penalaran yang berkenaan dengan lingkungan budaya yang
dapat diperluas dan menjadi lebih halus.
INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT
·
Individu
Adalah sebagai seorang manusia yang tidak
dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya. Manusia sebagai individu juga
diartikan tiap-tiap orang itu merupakan pribadi yang khas menurut corak
kepribadiannya termasuk kecakapan dan kelebihannya. Sejak lahir manusia
membutuhkan interaksi dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan batiniah dan
lahiriah yang membentuk dirinya.
·
Keluarga
Adalah kelompok orang yang ada hubungan
darah atau terbentuk karena perkawinan. Keluarga adalah satuan sosial terkecil
yang dipunyai oleh manusia secara sosial.
·
Masyarakat
-
Menurut Selo Sumarjan (1974)
Masyarakat adalah orang-orang yang hidup
bersama yang menghasilkan kebudayaan.
-
Menurut Koentjaraningrat
Masyarakat adalah kesatuan hidup yang
berinteraksi menurut sistem adat istiadat tertentu yang bersifat continue dan
terikat oleh suatu rasa identitas yang sama.
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki
tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam
lingkungannya.
PELAPISAN SOSIAL DAN PERSAMAAN DERAJAT
Pelapisan masyarakat adalah perbedaan
penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat
(hierarchis).
§ Pelapisan sosial ciri tetap kelompok
sosial:
a. Jenis kelamin
b. Kelompok pemimpin
c. Pemimpin
d. Orang yang diluar kasta
e. Pekerja
f. Perbedaan ekonomi
§ Terjadinya pelapisan sosial
a. Terjaid dengan sendirinya
-
Keturunan orang kaya
-
Warisan
b. Terjadi dengan sengaja
-
Organisasi pemerintah
§ Perbedaan pelapisan menurut sifatnya:
a. Sistem pelapisan masyarakat tertutup.
Contohnya negara india, memiliki sistem kasta yang tidak dapat berubah kasta.
b. Sistem pelapisan masyarakat terbuka.
Contohnya negara indonesia, memilikisistem kasta yang dapat berubah kasta
tetapi harus memiliki keistemewaan tertentu.
§ Ukuran pelapisan masyarakat:
-
Ukuran kekayaan
-
Ukuran kekuasaan
-
Ukuran kehormatan
-
Ukuran ilmu pengetahuan
2. Persamaan derajat
Persamaan hak dalam pasal 1
“Sekalian orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak
yang sama mereka dikaruniai akal dan budi yang hendaknya bergaul satu sama lain
dalam persaudaraan.”
Masa:
-
Keanggotaan berasal dari semua lapisan
masyarakat
-
Kelompok yang anonim
-
Sedikit sekali interaksi
-
Tidak bisa bertindak secara bulat
MANUSIA, CINTA, KASIH DAN KEINDAHAN
a. Manusia
Makhluk ciptaan Allah SWT yang paling
sempurna yag memiliki akal dan pikiran untuk berfikir secara logis.
b. Cinta
Rasa sangat suka (kepada) atau rasa
sayang (kepada) ataupun rasa kasih atau sangat tertarik hatinya.
c. Kasih
Perasaan sayang atau cinta (kepada) atau
menaruh balas kasihan.
d. Cinta kasih
Perasaan suka (sayang) kepada seseorang
yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Cinta kasih manusia kepada penciptanya
adalah pengabdian, kesetiaan, ketaatan. Sedangkan wujud cinta makhluk hidup
kepada sesamanya terbagi atas 3 macam:
-
Cinta philia
Seperti cinta kepada saudara, orang tua,
teman, dan sesama.
-
Cinta eros
Cinta yang menegakan aspek ragawi
(erotis).
-
Cinta amor
Cinta yang menekankan aspek psikologis
dan emosi.
e. Keindahan
Keindahan adalah susunan kualitas atau
pokok adalah kesatuan (unity) keselarasan (harmony), kesetangkupan (symmetry),
keseimbangan (balance), dan pertentangan (contrast).
Nilai penting dalam keindahan:
-
Nilai ekstrinsik
Nilai yang sifatnya sebagai alat atau
membantu untuk sesuatu hal. Contohnya tarian yang disebut halus dan kasar.
-
Nilai intrinsik
Sifat baik yang di dalam atau apa yang
merupakan tujuan dari sifat baik tersebut. Contohnya pesan yang akan
disampaikan dalam suatu tarian.
PERTENTANGAN SOSIAL
·
Kepentingan individu untuk memperoleh kasih
sayang
·
Kepentingan individu untuk memperoleh harga
diri
·
Kepentingan individu untuk memperoleh penghargaan yang sama
·
Kepentingan individu untuk memperoleh prestasi
dan posisi
·
Kepentingan individu untuk dibutuhkan orang
lain
·
Kepentingan individu untuk memperoleh kedudukan
di dalam kelompoknya.
·
Kepentingan individu untuk memperoleh rasa aman
dan perlindungan diri.
(menurut Walter W. Martin dkk)
1. Ketidaksepahaman anggota kelompok tentang
tujuan yang dicapai.
2. Normal sosial tidak membantu dalam
mencapai tujuan yang disepakati.
3. Norma yang telah dihayati bertentangan
satu sama lain.
4. Sanksi sudah menjadi lemah.
5. Tindakan anggota masyarakat sudah
bertentangan dengan norma kelompok.
0 komentar:
Posting Komentar