Selasa, 01 November 2016

Semester 4 Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam

Edit Posted by with 1 comment



Filsafat Pendidikan Islam

1.     Pengertian Filsafat Pendidikan Islam
Suatu aktivitas berfikir menyeluruh dan mendalam, dalam rangka merumuskan konsep menyelenggarakan dan mengatasi berbagai problem pendidikan islam dengan mengkaji kandungan makna dan nilai-nilai dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits.
2.     Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
Ruang lingkup kajian filsafat pendidikan islam yaitu bertumpu pada pendidikan islam itu sendiri, baik menyangkut rumusan atau konsep dasar pelaksanaan maupun rumusan pikiran antisipatif mengatasi problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan islam.
3.     Tujuan Filsafat Pendidikan Islam
·        Membentuk karakter manusia islami
·        Membentuk individu yang mampu menyesusaikan diri dalam masyarakat
·        Memiliki rasa tanggung jawab kepada masyarakat
·        Menjadi hamba Allah yang bertakwa
·        Memperoleh kesejahteraan, kebahagiaan hidup di dunia sampai di akhirat
Hubungan antara Filsafat, Manusia dan Pendidikan

1.     Kedudukan Filsafat dalam Pendidikan
Dalam ilmu pengetahuan, filsafat mempunyai kedudukan sentral, asas, atau pokok. Karena filsafat lah yang mula-mula merupakan satu-satunya usaha manusia di bidang kerohanian untuk mencapai kebenaran atau pengetahuan lambat lain sesuai dengan sifatnya, manusia tidak pernah merasa puasa dengan meninjau suatu hal dari sudut yang umum, melainkan juga ingin memperhatikan hal-hal yang khusus.


2.     Kedudukan Filsafat dalam Kehidupan Manusia
·        Memberikan pengertian dan kesadaran kepada manusia akan arti pengetahuan tentang kenyataan yang diberikan oleh filsafat
·        Berdasarkan dasar-dasar hasil kenyataan itu, maka filsafat memberikan pedoman hidup kepada manusia. Pedoman itu mengenai segala sesuatu yang terdapat sekitar manusia sendiri seperti kedudukan dalam hubungannya dengan yang lainnya. Kita juga mengetahui bahwa alat-alat kewajiban manusia meliputi akal, rasa, dan kehendak.
·        Dengan akal, filsafat memberikan pedoman hidup untuk berfikir guna memperoleh pengetahuan. Dengan rasa dan kehendak maka filsafat memberikan pedoman tentang kesusilaan mengenai baik dan buruk.
3.     Hubungan antara Filsafat, Manusia dan Pendidikan
“filsafat digunakan untuk mencari hakekat manusia, sehingga diketahui apa saja yang ada di dalam diri manusia. Hasil kajian dalam filsafat tersebut oleh pendidikan dikembangkan dan dijadikannya (potensi) nyata berdasarkan hakikat dan esensi keberadaan manusia.
Hakekat Manusia

a.     Hakekat
Adalah inti dari segala sesuatu atau yang menjadi jiwa sesuatu.
b.      Manusia
Makhluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifat di muka bumi.

v Jadi, hakekat manusia adalah kebenaran atas diri manusia itu sendiri sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT.

1 komentar:

  1. buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    BalasHapus