Sabtu, 05 November 2016

Semester 5. Mata Kuliah Kajian Kurikulum pada Pendidikan Menengah

Edit Posted by with No comments


Kajian Kurikulum PAI pada Pendidikan Menengah

Faktor yang melandasi kurikulum
1.       Faktor Filosofi
Sasaran pendidikan                                 Tujuan Kurikulum                      Proses Pendidikan                  Siapa Peserta Didiknya
2.       Faktor Psikologis
Mengikuti perkembangan siswa, yaitu:
·         Karakteristik siswa
·         Metode pembelajaran
3.       Faktor Sosial Budaya
·         Perubahan tata nilai yang ada di masyarakat
·         Perubahan tuntutan kehidupan
·         Perubahan tuntutan kerja
4.       Faktor Ilmu dan Tekhnologi

KURIKULUM, FUNGSI
dan
RUANG LINGKUP KURIKULUM

1.    Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah suatu bahan tertulis yang berisi uraian tentang program pendidikan suatu sekolah yang harus dilaksanakan dari tahun ke tahun.
2.   Fungsi Kurikulum
1.    Fungsi penyesuaian (The Adjustive Of Adaptive Function)
Setiap individu harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya secara menyeluruh.
2.   Fungsi diferensiasi (The Differentiating Function)
Kurikulum perlu memberikan pelayanan terhadap perbedaan di antara setiap orang dalam masyarakat.
3.   Fungsi persiapan
Berfungsi mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu jangkauan yang lebih jauh.
4.   Fungsi pemilihan
Perbedaan dan pemilihan adalah dua hal yang saling berkaitan.
3.   Ruang Lingkup Kurikulum
·         Konsep kurikulum
Sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan.
·         Fungsi kurikulum
a.   Fungsi kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan
b.   Fungsi kurikulum bagi PAI
c.    Fungsi kurikulum bagi guru
d.   Fungsi kurikulum bagi kepala sekolah
e.   Fungsi kurikulum bagi orangtua dan murid
Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan

1.       Peranan Kurikulum dalam Pendidikan
a.      Peran konservatif
Kurikulum bertugas menyimpan dan mewariskan nilai-nilai budaya luhur
b.      Peran kreatif
Kurikulum harus bisa memberikan dorongan kepada siswa agar berkembang daya kreatifnya
c.       Peran kritis dan evaluatif
Sebagai alat untuk menilai dan sekaligus memperbaiki masyarakat
2.       Kedudukan kurikulum dan pendidikan
a.      Menurut Syaodih (1988) dalam Hasibuan (2010:21)
Bahwa kurikulum merupakan sesuatu yang strategis untuk mengendalikan jalannya proses pendidikan.
b.      Menurut Muliani (2012)
Bahwa kedudukan kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalan seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan. Kurikulum juga merupakan suatu rencana pendidikan memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi, serta proses pendidikan.

Asas/Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum
1.     Pengembangan Kurikulum
Istilah yang komprehensif di dalamnya mencakup perencanaan, penerapan dan evaluasi. Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang memiliki kedudukan cukup sentral dalam perkembangan pendidikan.
2.    Asas/Landasan Pengembangan Kurikulum
a.    Landasan Filosofis
·         Perenialisme
Menekankan pada keabadian
·         Essensialisme
Menekankan pentingnya pewarisan budaya
·         Eksistensialisme
Menekankan pada individu sebagai sumber pengetahuan
·         Progrevisme
Menekankan pada pentingnya melayani perbedaan individual
·         Rekonstruktivisme
Menekankan pada pemecahan masalah
b.    Landasan Psikologis
·         Motif
·         Bawaan
·         Konsep diri
·         Pengetahuan
·         Ketrampilan
c.    Landasan Sosial Budaya
Melalui pendidikan manusia mengenal peradaban masa lalu, turut serta dalam peradaban sekarang dan membuat peradaban masa yang akan datang.
d.    Landasan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK)
Kurikulum seyogyanya dapat mengakomodir  dan mengantisipasi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, sehingga peserta didik dapat mengimbangi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan.
3.    Prinsi-prinsip Pengembangan Kurikulum
a.    Prinsip Umum
·         Prinsip relevansi
Keserasian pendidikan dengan tuntutan masyarakat
·         Prinsip fleksibilitas
Hendaknya memiliki sifat lentur dan mudah diatur
·         Prinsip kontinuitas
Kurikulum perlu dikembangkan terus-menerus dan berkesinambungan
·         Prinsip praktis
Kurikulum harus mudah dilaksanakan

0 komentar:

Posting Komentar