Kajian Kurikulum PAI pada Pendidikan Menengah
Faktor yang melandasi kurikulum
1.
Faktor Filosofi
Sasaran pendidikan Tujuan
Kurikulum Proses Pendidikan Siapa Peserta Didiknya
2.
Faktor Psikologis
Mengikuti
perkembangan siswa, yaitu:
·
Karakteristik siswa
·
Metode pembelajaran
3.
Faktor Sosial Budaya
·
Perubahan tata nilai yang
ada di masyarakat
·
Perubahan tuntutan
kehidupan
·
Perubahan tuntutan kerja
4.
Faktor Ilmu dan Tekhnologi
KURIKULUM, FUNGSI
dan
RUANG LINGKUP KURIKULUM
1.
Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah
suatu bahan tertulis yang berisi uraian tentang program pendidikan suatu
sekolah yang harus dilaksanakan dari tahun ke tahun.
2.
Fungsi Kurikulum
1.
Fungsi penyesuaian (The Adjustive Of Adaptive Function)
Setiap individu
harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya secara menyeluruh.
2.
Fungsi diferensiasi (The Differentiating Function)
Kurikulum perlu
memberikan pelayanan terhadap perbedaan di antara setiap orang dalam
masyarakat.
3.
Fungsi persiapan
Berfungsi
mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu
jangkauan yang lebih jauh.
4.
Fungsi pemilihan
Perbedaan
dan pemilihan adalah dua hal yang saling berkaitan.
3.
Ruang Lingkup Kurikulum
·
Konsep kurikulum
Sesuatu
yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan.
·
Fungsi kurikulum
a.
Fungsi kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan
b.
Fungsi kurikulum bagi PAI
c.
Fungsi kurikulum bagi guru
d.
Fungsi kurikulum bagi kepala sekolah
e.
Fungsi kurikulum bagi orangtua dan murid
Kedudukan Kurikulum
dalam Pendidikan
1.
Peranan Kurikulum dalam
Pendidikan
a.
Peran konservatif
Kurikulum bertugas menyimpan
dan mewariskan nilai-nilai budaya luhur
b.
Peran kreatif
Kurikulum harus bisa memberikan dorongan kepada
siswa agar berkembang daya kreatifnya
c.
Peran kritis dan
evaluatif
Sebagai alat untuk menilai dan
sekaligus memperbaiki masyarakat
2.
Kedudukan kurikulum dan
pendidikan
a.
Menurut Syaodih (1988)
dalam Hasibuan (2010:21)
Bahwa kurikulum merupakan sesuatu yang
strategis untuk mengendalikan jalannya proses pendidikan.
b.
Menurut Muliani (2012)
Bahwa kedudukan kurikulum mempunyai kedudukan
sentral dalan seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk
aktivitas pendidikan. Kurikulum juga merupakan suatu rencana pendidikan
memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi, serta
proses pendidikan.
Asas/Landasan dan
Prinsip Pengembangan Kurikulum
1.
Pengembangan Kurikulum
Istilah
yang komprehensif di dalamnya mencakup perencanaan, penerapan dan evaluasi.
Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang memiliki kedudukan cukup sentral
dalam perkembangan pendidikan.
2.
Asas/Landasan Pengembangan
Kurikulum
a.
Landasan Filosofis
·
Perenialisme
Menekankan pada keabadian
·
Essensialisme
Menekankan pentingnya pewarisan budaya
·
Eksistensialisme
Menekankan pada individu sebagai sumber
pengetahuan
·
Progrevisme
Menekankan pada pentingnya melayani perbedaan
individual
·
Rekonstruktivisme
Menekankan pada pemecahan masalah
b.
Landasan Psikologis
·
Motif
·
Bawaan
·
Konsep diri
·
Pengetahuan
·
Ketrampilan
c.
Landasan Sosial Budaya
Melalui
pendidikan manusia mengenal peradaban masa lalu, turut serta dalam peradaban
sekarang dan membuat peradaban masa yang akan datang.
d.
Landasan Ilmu Pengetahuan
dan Tekhnologi (IPTEK)
Kurikulum
seyogyanya dapat mengakomodir dan
mengantisipasi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, sehingga
peserta didik dapat mengimbangi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan.
3.
Prinsi-prinsip
Pengembangan Kurikulum
a.
Prinsip Umum
·
Prinsip relevansi
Keserasian
pendidikan dengan tuntutan masyarakat
·
Prinsip fleksibilitas
Hendaknya
memiliki sifat lentur dan mudah diatur
·
Prinsip kontinuitas
Kurikulum
perlu dikembangkan terus-menerus dan berkesinambungan
·
Prinsip praktis
Kurikulum
harus mudah dilaksanakan
0 komentar:
Posting Komentar