Kajian Kurikulum Dasar
1.
Pengertian
Kurikulum
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU nomor 20 tahun 2003;
PP nomor 19 tahun 2005). Kurikulum berbasis kompetensi adalah kurikulum yang
dirancang baik dalam bentuk dokumen, proses, maupun penilaian didasarkan pada
pencapaian tujuan, konten dan bahan pelajaran serta penyelenggaraan
pembelajaran yang didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan.
2.
Peran dan
Fungsi Kurikulum
·
Peran Kurikulum
a.
Peranan
Konservatif
Melestarikan berbagai nilai budaya sebagai warisan masa lalu.
b.
Peranan Kreatif
Kurikulum harus
mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan
setiap potensi yang dimilikinya agar dapat berperan aktif dalam kehidupan
sosial masyarakat yang senantiasa bergerak maju secara dinamis.
c.
Peran Kritis
dan Evaluatif
Untuk
menyeleksi nilai dan budaya mana yang perlu dipertahankan dan nilai atau
budaya baru yang mana yang harus
dimiliki anak didik.
·
Fungsi
Kurikulum
a.
Bagi Guru
Sebagai pedoman
dalam pelaksanaan proses pembelajaran
b.
Bagi Kepala
Sekolah
Untuk menyusun
perencanaan dan progam sekolah
c.
Bagi Pengawas
Sebagai pedoman
dalam melaksanakan supervisi
d.
Bagi Siswa
Sebagai pedoman
belajar
3.
Macam-macam
Kurikulum
a.
Kurikulum Ideal
Kurikulum yang diharapkan dapat dilaksanakan dan berfungsi sebagai acuan
atau pedoman guru dalam proses belajar mengajar.
b.
Kurikulum Aktual
Kurikulum nyata yang dapat dilaksanakan oleh guru sesuai kondisi yanga da.
c.
Kurikulum
Tersembunyi (Hidden Curiculum)
Pada dasarnya
adalah hasil dari proses yang tidak direncanakan.
0 komentar:
Posting Komentar