Selasa, 01 November 2016

Semester 4 Mata Kuliah Kajian Kurikulum Pendidikan Dasar

Edit Posted by with No comments


Kajian Kurikulum Dasar

1.     Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU nomor 20 tahun 2003; PP nomor 19 tahun 2005). Kurikulum berbasis kompetensi adalah kurikulum yang dirancang baik dalam bentuk dokumen, proses, maupun penilaian didasarkan pada pencapaian tujuan, konten dan bahan pelajaran serta penyelenggaraan pembelajaran yang didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan.

2.    Peran dan Fungsi Kurikulum
·        Peran Kurikulum
a.   Peranan Konservatif
Melestarikan berbagai nilai budaya sebagai warisan masa lalu.
b.    Peranan Kreatif
Kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya agar dapat berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa bergerak maju secara dinamis.
c.   Peran Kritis dan Evaluatif
Untuk menyeleksi nilai dan budaya mana yang perlu dipertahankan dan nilai atau budaya  baru yang mana yang harus dimiliki anak didik.
·        Fungsi Kurikulum
a.   Bagi Guru
Sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran
b.    Bagi Kepala Sekolah
Untuk menyusun perencanaan dan progam sekolah
c.   Bagi Pengawas
Sebagai pedoman dalam melaksanakan supervisi
d.  Bagi Siswa
Sebagai pedoman belajar

3.    Macam-macam Kurikulum
a.   Kurikulum Ideal
Kurikulum yang diharapkan dapat dilaksanakan dan berfungsi sebagai acuan atau pedoman guru dalam proses belajar mengajar.
b.    Kurikulum Aktual
Kurikulum nyata yang dapat dilaksanakan oleh guru sesuai kondisi yanga da.
c.   Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curiculum)
Pada dasarnya adalah hasil dari proses yang tidak direncanakan.


0 komentar:

Posting Komentar